Merdika.Id

Menyajikan analisis dan liputan mendalam terhadap berbagai isu sosial, politik, ekonomi, budaya, maupun internasional. Kami menggunakan sudut pandang yang kritis, jernih, dan berbasis data.

Ingin ikut berkontribusi memperkaya gagasan-gagasan kami, silahkan kirim artikel ke:

Redaksi Merdika.Id

Blueprint

A perfect balance of exhilarating flexiblity and the effortless simplicity of the Code Supply Co. WordPress themes.

The ultimate publishing experience is here.

5 Film Biografi Paling Inspiratif

Cuplikan gambar film “Mandela: Long Walk to Freedom” (2013)

Mengikuti jalan hidup tokoh sejarah, apalagi yang jalan hidupnya penuh liku dan onak tapi berakhir dengan kegemilangan, selalu menarik dan menginspirasi.

Kini, kisah-kisah itu tak melulu kita simak lewat tradisi tutur dan membaca buku, tetapi juga lewat film. Tentu saja, kita tidak asing dengan genre film biografi atau biopik ini.

Nah, berikut lima film biografi keren, yang sangat layak untuk kamu tonton.

Mandela: Long Walk to Freedom

Film ini berkisah tentang Nelson Mandela. Dia adalah bapak bangsa Afrika Selatan yang memimpin perlawanan terhadap kolonialisme dan politik apartheid.

Film karya sutradara Justin Chadwick ini bercerita tentang jalan hidup Mandela, dari anak-anak, pengacara, menjadi aktivis, menjalani penjara, hingga terpilih sebagai presiden Afrika Selatan.

Gandhi (1982)

Film ini menceritakan Mahatma Gandhi, tokoh yang memimpin perjuangan rakyat India melawan kolonialisme Inggris (1915-1947).

Film ini berkisah dari Gandhi menentang apartheid di Afrika Selatan hingga memimpin perjuangan kemerdekaan India. Gandhi melawan dengan metode pembangkangan sipil dan non-kekerasan: satyagraha.

Lincoln (2012)

Film ini berkisah tentang perjuangan Abraham Lincoln, presiden AS pada 1861-1865, di masa akhir masa jabatan dan hidupnya.

Film ini berusaha menceritakan secara detail perjuangan Lincoln dan sekutunya untuk menetapkan amandemen ke-13 konstitusi AS, yang menghapuskan total segala bentuk perbudakan.

The Imitation Game (2014)

Film ini mengisahkan kehidupan bapak matematika dan komputer, Alan Turing, yang mendapat tugas dari pemerintah Inggris untuk memecahkan kode dari mesin Enigma.

Enigma adalah mesin yang digunakan oleh Nazi Jerman pada perang dunia kedua untuk mengirim pesan terenkripsi dengan aman.

Bohemian Rhapsody

Film ini berkisah tentang perjalanan hidup musisi legendaris dan vokalis grup musik Queen, Freddie Mercury. Dimulai dari Freddie muda yang kerap menjadi objek rasisme hingga namanya menjulang bersama Queen.

Menunjukkan perjalanan hidup sang musisi dengan segala lika-liku dan kontroversinya, film ini ditutup dengan konser Live Aid. Konser ini dikenang karena digelar untuk mengumpulkan dana demi mengurangi beban kelaparan di Ethiopia.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev
Anjloknya Kelas Menengah Diperburuk UU Cipta Kerja

Anjloknya Kelas Menengah Diperburuk UU Cipta Kerja

Belum lama ini, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut jumlah masyarakat kelas

Next
Venceremos, Kisah Sukses Lagu Kampanye Politik

Venceremos, Kisah Sukses Lagu Kampanye Politik

Tahun 1970, di Chile, seorang dokter berpikiran sosialis, Allende menjadi calon

You May Also Like
Total
0
Share